Get This SIC 2012

Jumat, 27 April 2012

5 Flora Langka Di Dunia



 Bumi tercinta ini memiliki banyak sekali keanekaragaman flora dan fauna. Di antara sekian banyaknya flora atau tanaman, terdapat beberapa tanaman langka yang memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan tanaman lainnya. Berikut ini penulis sajikan beberapa tanaman langka di dunia serta alasan mengapa tanaman ini digolongkan sebagai tanaman langka.

1. Welwits Chia Mirabilis atau Bawang Gurun Pasir

Dilihat dari bentuknya, tanaman langka ini benar-benar tidak memiliki sisi menarik sama sekali. Tanaman langka ini hanya memiliki satu batang tunggal dengan dua daun yang bisa tumbuh hingga mencapai panjang 8 meter, hingga menyerupai alien. Tanaman ini hanya mampu tumbuh hingga mencapai ketinggian maksimum 2 meter saja.

Namun,  jangan tanya soal daya tahan tanaman asli negara Namibia ini. Boleh percaya boleh tidak, tanamam ini mampu bertahan hidup selama 4 -15 abad. Menakjubkan, bukan? Rasanya, sangat jarang mendapati tanaman yang mampu tumbuh di area padang pasir selama hitungan abad.

Dengan cuaca ekstrem gurun pasir yang super panas, tumbuhan lain mungkin hanya akan mampu bertahan dalam hitungan hari atau hitungan tahun saja. Oleh sebab itu, tanaman ini mendapat julukan sebagai tanaman paling tangguh di dunia.

2. Dionaea Muscipula atau Tanaman Karnivora

Jangan salah, ternyata istilah karnivora tidak hanya berlaku bagi dunia fauna saja, dunia flora pun memiliki perwakilan tanaman yang bersifat karnivora atau pemakan daging. Adalah Dionaea Muscipula yang terkenal sebagai tanaman karnivora pemakan serangga dan hewan apapun yang berusaha mendekatinya. Tanaman ini terkenal dengan daunnya yang bergerigi dan berbentuk seperti mulut manusia.

Pasangan “daun” yang dimiliki tanaman ni memiliki rambut ultrasensitif yang dapat mendeteksi setiap gerakan hewan atau serangga kecil yang mendekatinya. Begitu rambut ini tersentuh oleh hewan tadi, maka daun akan langsung menutup dan berakhirlah kisah perjalanan hewan yang terperangkap di dalamnya.

3. Rafflesia Arnoldii

Tanaman ini memiliki bentuk seperti bunga, namun tanpa batang dan daun. Bentuk tanaman ini memang unik sehingga orang-orang menyebutnya sebagai bunga raksasa karena memang bentuknya yang sangat besar. Bayangkan ukuran diagoal bunga ini bisa mencapai 1 meter dengan berat yang bisa mencapai 8–12kg.

Bunga ini akan mekar selama 3 hari sampai seminggu. Sayang, bunga ini sama sekali tidak memiliki wangi yang enak, yang ada malah bau busuklah yang menjadi aroma khas bunga ini. Oleh sebab itu, di Indonesia yang merupakan habitat aslinya, bunga ini disebut sebagai bunga bangkai.

4. Hura Brasiliensis atau Pohon Dinamit

Rasanya, tidak salah jika sebagian besar orang menjuluki pohon yang berasal dari hutan Amazon ini sebagai pohon neraka. Bayangkan saja, batang pohon ini ditumbuhi duri yang sangat tajam dan memiliki getah yang mengandung racun mematikan. Masih kurang layak disebut pohon neraka?

Tunggu dulu, ternyata pohon ini masih menyimpan “senjata” lain untuk mendukung julukan yang diberikan kepadanya. Pohon ini memiliki buah yang apabila sudah matang dapat meledak dan melukai binatang atau manusia yang tidak sengaja melintas di dekat pohon ini.

5. Boabab atau Pohon Botol

Boabab merupakan tanaman aneh yang berasal dari daerah Madagaskar, Australia, dan Afrika. Disebut sebagai pohon botol karena memang bentuknya yang menyerupai botol dan mampu manampung air hingga sebanyak 300 liter dalam batangnya. Karena kemampuan menampung airnya yang sangat hebat, tanaman aneh ini mampu bertahan hidup hingga usia 500 tahun.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan